Jumat, 30 Oktober 2009

lebih bijaksana

Manusia diciptakan Tuhan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Manusia diciptakan tuhan dengan kesempurnaannya juga kelemahannya. Dan manusia mengajukan diri untuk menjadi makhluk pilihan memakmurkan dunia, atas karunia tuhan karena keduanya,,….

Padahal tuhan tidak menciptakan segala sesuatu dengan kesia-siaan. Bahkan tuhan selalu menganugerahkan hikmah dan kelebihan atas ujian yang datang, apalagi bagi makhuk yang DIA ciptakan dengan “tanganNYA”. Maka sebenarnya manusia amat beruntung menjadi yang istimewa diantaranya semuanya……….

Tapi tidak semua yang istimewa tahu bahwa ia berharga. Tidak semua yang mempunyai kelebihan sadar bahwa ia sempurna. Dan tidak semua yang sempurna mengerti bahwa ia sendiri adalah anugerah yang tidak boleh tersia-sia

Maka, Jadilah berbagai kerusakan karena ketidaktahuannya, ketidaksadarannya dan ketidakmengertiannya terhadap apa yang ia lihat, ia dengar dan ia rasa. Semua yang ada hanya dinikmati dari sudut ragawi, tanpa menengok lagi hikmah dan keajaiban ditiap penciptaan.

Dan semua yang tersudut menjadi tak terjamah, semua yang hilang tak pernah ditemui, dan semua yang tersembunyi tak lagi tersingkap. Hanya terkukung pada tabir bayangan karena keresahan dan keserakahan.

Namun semua itu menjadi tak lagi berarti apa-apa. Karena akan tetap seperti apa adanya jika tanpa upaya dan kesederhanaan masing-masing pertaubatan. Maka hanya butuh kerendahan hati dan perenungan sedikit dalam memahami episode yang terus bergulir di setiap hari manusia. Selalu ada baik diantara yang buruk, selalu ada fajar di sela heningnya malam, selama DIA masih menginginkannya.

Biarkan manusia mengerti, memahami dan menyadari. Biarkan kami lebih memaknai dan mensyukuri dengan tiap bayangan yang hadir di balik rimbunnya dedaunan, di sela pekatnya awan hitam, di belakang kejadian yang telah berbilang.

Dengan akalnya, dengan hatinya, dengan pendengarannya, dengan penglihatannya, dengan semua kesempurnaan yang kami miliki. Maka Jadilah lebih bijaksana…. tanpa menoreh baik dan buruk dalam satu tatap semu……..

“ Allah, ijinkan kami beroleh kebaikan dalam setiap rezeki dan cobaan yang kau guyurkan tiap hari dalam kehidupan kami. Dan dengannya, ajarkan kami bahwa Engkau adalah yang kami tuju…amiinnnnnnnnnn”a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar