Senin, 26 Oktober 2009

sekolah tanpa judul

bukan, bukan sekolah sembarangan atau sekolah nonformal karena ga ada titel setelah selesai darinya. hanya saja salah satu impian terbesar dalam hidupku adalah mendirikan sebuah sekolah di bumi indonesia, terutama kalau bisa di balikpapan tanah kelahiran (ga bermaksud mau chauvinisme, cuma seneng aja di kampung halaman, kata orang jawa, Mbangun deso, :)* sebuah sekolah yang terinspirasi dari serial higher ground yang pernah muncul sekitar tahun 1998-2000 (lupa tapi yang jelas saat itu gw lagi smp). sebuah sekolah alternatif sekaigus mennjadi tempat rehabilitasi, tepatnya penemuan diri kembali bagi sekelompok anak yang mugkin jarang dapat diterima oleh lingkungan sekolah "biasa". tidak mungkin diterimanya bukan karena "cacat" yang mengharuskan mereka tinggal di SLB, tapi karena ada yang "cacat" dalam diri mereka dan harus ditemukan kembali bagi mereka sebelum akhirnya menua dan sudah tidak dapat diselamatkan lagi, yaitu diri yang baik dan segenap potensi yang ada didalamnya.

di serial itu namanya mount horizon, sebuah sekolah yang unik dan mampu menampung semua hal yang terburuk dari seseorang, namun tidak mengeluarkan mereka dengan keadaan yang sama pula, tapi memberi mereka seseuatu, setidaknya perasaan kasih sayang, perhatian dan keyakinan bahwa mereka berharga, anak seberapa nakalnya adalah aset bagi kita semua, meskipun untuk membersihkannya diperlukan banyak energi dari sesama. saat itu sekolahnya dipimpin oleh peter scarbrow (kalau ga salah tulisannya begitu, hehehehe). ada anak yang bulimia, dysleksia, drugs akibat seksual abussive, dan lain-lain..tapi satu hal yang dapat disebut sebagai benang merah diantara mereka adalah hal itu disebabkan kekerasan yang diterima dalam keluarga mereka. contohnya Scot (hayden christensen) yang mengalami seksual abusif oleh ibu tirinya sendiri. ia mengalami kekacauan harga diri karena merasa telah mengkhianati ayahnya yang sangat ia cintai, ia merasa tidak berdaya sekaligus menjadi manusia yang amat jahat. akibatnya ia menarik diri dari lingkungan sekitar. olahraga football yang sempat membuatnya menjadi bintang lapangan sekaligus di sekolahnya ia tinggalkan begitu saja dan beralih pada drugs alias obat terlarang untuk menyembunyikan rasa sakit hati, tidak berdaya dan rendah diri dari semua orang. hanya kemarahan, perilaku mengamuk dan tidak peduli yang ia perlihatkan, termasuk pada ayahnya. sementara sang ayah yang tidak mengetahui apapun hanya mengira scot terjerumus ke dalam drugs akibat lingkungan pergaulannya. ayahnya mengirimnya ke m,ount horizon karena sudah merasa tak sanggup untuk menghadapi anak semata wayangnya. yah, dengan terapi akhirnya scot mau terbuka, hingga suatu saat ia berhasil memberitahu sang ayah menganai peilaku ibu tirinya yang membuatnya berubah. tentu saja ayahnya shock dan tidak memperdulikan scot pada awalnya (selanjutnya silahkan cari dvdnya,...atau dunlud di youtube juga bisa, title : higher ground.

cerita ini benar-benar menginspirasiku, sadar banget bahwa indonesia sekarang nyatanya tidak lagi bangsa yang boleh berbangga dengan karamahtamahan dan kekayaan budaya timurnya. beberapa sumber menyatakan pemuda kita saat ini terkena gangguan kepribadian, kecatatan dalam karakternya karena terganggu masa perkembangannya, baik pada masa bayi, anak, ataupun remajanya. nggak jarang kan kita lihat di berita begitu banyak bayi yang dibuang begitu saja tanpa ada kepedulian dari orang tuanya, alhamdulilah jika itu anak bertemu dengan orang baik yang mau merawatnya..jika tidak ??? hanya TUHAN yang tahu.

maka suatu saat cita-citaku adalah membuat sabuah sekolah seperti ini. yah, meskipun belum ada namanya,atau belum punya sponsor untuk mewujudkannya, setidaknya aku sudah memimpikannya. semoga dapat terwujud 10 tahun kedepan,..amiinn. dan untuk siapapun yang tertarik untuk menjadi sponsor, volunteer atau apapun silahkan hubungi email saya. mungkin kita bisa mensharingkan ide ini...hehehhe;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar